10 Kecamatan di Sintang Terendam Banjir, Sejumlah Sekolah Diliburkan

Sintang, ZonaKapuas.com – Banjir yang melanda di kabupaten Sintang terus meluas dan belum surut dengan ketinggian 50 cm hingga 1 meter. Pemerintah Kabupaten Sintang meliburkan aktivitas belajar di sejumlah sekolah terdampak banjir.

“Mulai hari ini, Pemerintah Kabuoaten Sintang sudah mengeluarkan surat edaran terkait sejumlah skolah yang terdampak banjir agar peserta didiknya diliburkan dari aktivitas belajar. Itu semua untuk keselamatan peserta didik,” ujar Wakil Bupati, Melkianus.

Kepada Satgas Penanganan Batingsor saat Rapat Koordinasi di Pendopo Bupati Sintang Melkianus mengingatkan kembali bahwa pentingnya data dan informasi terkini, terutama sial lokasi banjir dan jumah warga yang terdampak.

“Dari data dan informasi inilah kita bisa mengambil langkah yang tepat untuk membantu masyarakat. Dan berdasarkan laporan dari BPBD Kabupaten Sintang, saat ini ada 10 kecamatan terdampak banjir, ini perlu kita antisipasi baik masalah distribusi bahan pangan dan juga kesehatan serta beberapa kepentingan lain guna membantu masyarakat,” Katanya.

Kendati demikian, Melkianus menegaskan bahwa sampai hari ini, Pemkab Sintang sudah melakukan langkah-langkah antisipasi dalam penanganan bencana banjir yang melanda 10 kecamatan di kabupaten ini.

Ia meminta agar Satgas di Kabupaten Sintang agar intens dalam meakukan evaluasi dan pengumpulan data serta menganalisa perkembangan informasi kejadian banjir di Kabupaten Sintang.

“Kami minta tiap hari lakukan evaluasi dari perkembangan banjir yang terjadi. Khususnya di 10 kecamatan yang terdampak tersebut,” pungkasnya.

Adapun 10 kecamatan terdampak banjir akibat meluapnya air sungai ditambah intensitas hujan tinggi, yaitu:

  1. Kecamatan Sintang,
  2. Kecamatan Serawai,
  3. Kecamatan Ketungau Hilir,
  4. Kecamatan Binjai Hulu,
  5. Kecamatan Dedai,
  6. Kecamatan Sepauk,
  7. Kecamatan Tempunak,
  8. Kecamatan Kelam Permai,
  9. Kecamatan Kayan Hilir, dan
  10. Kecamatan Ketungau Tengah.

Kendati demikian, Kepala BPBD Bernad menyampaikan dari 10 kecamatan yang terdampak banjir tersebut belum ada warga yang diungsikan.

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *