Wabup Tekankan Camat Sampai Kades Manfaatkan Lumbung Sosial

Sintang, ZonaKapuas.comWakil Bupati Kabupaten Sintang, Melkianus meminta semua Camat agar memanfaatkan lumbung sosial yang ada di semua kecamatan untuk membantu masyarakat yang sedang terdampak banjir.

“Di setiap kecamatan kan ada lumbung sosial. Kita minta Camat agar menyalurkan bantuan ke dusun atau desa yang sedang terdampak banjir. Sehingga warga terdampak banjir tersebut cepat menerima bantuan tanpa harus menunggu dari kabupaten,” kata Melkianus. Senin, (14/10/2022).

Hingga saat ini, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang, ada 10 (sepuluh) kecamatan yang terdampak banjir. Sedangkan di daerah pesisir sungai, ketinggian banjir sudah mencapai 1 meter.

Melkianus juga meminta para camat maupun kades agar dapat proaktif melaporkan data banjir di daerah masing-masing ke BPBD Sintang.

“Beberapa kecamatan yang banjir, agar segera laporkan secara tertulis. Nanti datanya akan dijadikan rujukan pemerintah untuk menyalurkan bantuan pada mereka,” ujarnya.

“Sejauh ini koordinasi camat dengan BPBD Sintang sangat baik. Semua perkembangan banjir di masing-masing kecamatan sudah dilaporkan ke BPBD,” timpal Melkianus.

Kemudian, Melkianus juga menyampaikan untuk status banjir Sintang, mungkin akan ditingkatkan. Sehingga bisa mendapat bantuan-bantuan dari pemerintah provinsi. Ia juga menyampaikan bahwa data korban banjir saat ini sedang didata. Sedangkan untuk fasilitas umum yang rusak sampai saat ini belum ada.

“Untuk jumlah jiwa yang terdampak, saat ini sedang didata. Untuk fasilitas umum yang rusak akibat banjir, sampai saat ini belum ada,” bebernya.

Melkianus mengatakan, sebelumnya dirinya sudah meninjau langsung banjir di Kecamatan Serawai. Pada hari ketiga, banjir sudah surut. “Hari ini mulai banjir lagi. Termasuk juga di kota Sintang,” tuturnya.

Terkait data jumlah warga terdampak, kata Melkianus, secara resmi akan disampaikan setelah rapat dengan BPBD Sintang.

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *