Kepala BPBD Sintang: Semoga 2023 Tidak Ada Bencana Lagi

Sintang, ZonaKapuas.com – Banjir di Sintang masih menjadi ancaman masyarakat di pesisir sungai. Cuaca ekstrim sampai di awal Januari 2023 masih menjadi kepanikan masyarakat Sintang.

Menanggapi hal tersebut Bernard Saragih, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang mengatakan untuk tetap waspada. karena mengacu pada data BMKG Provinsi Kalimantan barat bahwa wilayah Kalimantan Barat akan berpotensi banjir pada tanggal 5 s/d 11 Januari 2023.

“Berdasarkan info BMKD Pontianak, menjelaskan adanya potensi curah hujan yang tinggi serta angin yang dapat menyebabkan banjir. Tapi hal ini semoga saja tidak terjadi di Kabupaten Sintang,” katanya. Senin, (02/01/2023).

“Tentunya kita BPBD Kabupaten Sintang juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Sintang untuk mengantisipasi banjir seperti tahun lalu,” lanjutnya.

Bernard juga menjelaskan bahwa pihaknya juga sudah bergerak angsung kelapangan untuk meninjau lokasi-lokasi yang di anggap rawan apabila terjadi cuaca ekstrim.

“Semoga sintang tidak terulang lagi kejadian yang seperti di tahun sebelumya yang menjadi keprihatinan seluruh rakyat Indonesia dan khususnya di Kabupaten Sintang,” harapnya.

Bernard juga berharap masyarakat Kabupaten Sintang dapatk menjaga kelestarian alam kita, baik ditepian sungai atau pun di hutan sekitar permukiman dan tepian sungai, yang diharapkan bisa menahan tanah daratan tepian sungai tidak terjadi longsor yang disebabkan banjir.

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *