Dapur Umum Untuk Pengungsi Banjir Sudah Disiapkan

Sintang, ZonaKapuas.com – Syarief Yasser Arafat, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang pada Rapat Tim Bantingsor menyampaikan bahwa Dapur Umum untuk Pengungsi sudah aktif. Dan berada di Markas Kodim 1205 Sintang untuk melayani kebutuhan pengungsi di Gedung Cadika. Kamis, (13/10/2022).

“Untuk sementara, dapur umum hanya melayani pengungsi yang memang lokasinya kita siapkan. Kita masih ada stok makanan untuk satu hari di Dinas Sosial dan beberapa stok di BPBD,” Katanya.

“Artinya stok logistik kita saat ini kritis. Sementara kalau untuk dapur umum, beras cadangan pemerintah provinsi Kalbar yang 100 ton dan cadangan pangan Pemkab Sintang 68 ton tidak diperbolehkan. Beras ini pertanggungjawabannya rumit dan hanya boleh untuk diberikan ke warga dan untuk lumbung sosial,” Ungkapnya.

Sementara itu Komandan Kodim 1205 Sintang tkol Inf. Kukuh Suharwiyono yang bertanggung jawab sebagai Komado Stgas Pengangan Tanggap Darurat Beenjana Alam Banjir, Puting Beliung, dan Tanah Longsor Kabupaten Sintang mengatakan dalam menangani warga yang terdampak banjir seluruh tim Satgas Bantingsor ajib kompak dan saling mendukung.

“Kita harus gotong royong dalam membantu masyarakat yang terdampak banjir. Termasuk data dan informasi, wajib untuk satu data saja yakni data yang berasal dari kecamatan akan diolah oleh tim di Command Center Kantor Bupati Sintang untuk kemudian menjadi data Kabupaten Sintang,” Terangnya.

“Kita harus segera menyiapkan sarana prasarana, personil, pembiayaan untuk operasional, stok sembako, dan yang lainnya. Lokasi pengungsian juga harus kita siapkan dengan baik, kebutuhan pengungsi kita siapkan baik soal kesehatan dan makanan,” lanjutnya.

Kadis Kesehatan Harisinto Linoh menyampaiakan baha jajaran Dinas Kesehatan juga langsung memberikan peayanan kesehatan kepada warga yang memerukan pelayanan kesehatan sebagai dampak dari banjir ini.

“Petugas kesehatan sudah berkeliling ke lokasi banjir dan pengungsian, untuk memberikan pelayanan kesehatan. Bahkan kami sudah membangun tenda sebagai posko kesehatan di depan rumah susun Korem 121 di dekat jembatan Kapuas. Mohon update lokasi pengungsian, agar kami bisa datang ke sana dan memberikan pelayanan,” Terangnya.

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *