Sinto: 2.334 Tenaga Kesehatan Akan Kita Vaksin ke-3.

Www.zonakapuas.com.sintang-Tenaga kesehatan di Kabupaten Sintang akan disuntik vaksin yang ke-3. Adapun varian vaksin yang akan disuntikkan berasal dari jenis Moderna, yang akan menjadi booster dari 2 suntikan vaksin sebelumnya.

“Kita dapat Moderna (untuk disuntikkan ke tenaga kesehatan). Kabarnya Moderna ini sudah sampai di Dinkes Provinsi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh.(2/8/2021)

Ia pun menekankan bahwa Moderna untuk saat ini khusus diperuntukkan untuk tenaga kesehatan. Target tenaga kesehatan yang akan mendapat suntikan vaksin ke-3 berjumlah 2.334 orang. “Ada 2.334 tenaga kesehatan yang akan kita vaksin ke-3. Ini khusus untuk tenaga kesehatan. Jumlah itu adalah adalah tenaga kesehatan yang sudah menerima vaksin ke-2 dan akan disuntikkan vaksin Moderna untuk tahap ke-3. Moderna ini nantinya 1 vial itu untuk 14 sampai 15 orang,” ucap Sinto.

Sinto menjelaskan, bahwa Moderna ini akan menjad booster untuk 2 suntikan vaksin sebelumnya yang menggunakan Sinovac. Karena tenaga kesehatan dinilai sebagai kelompok rentan yang berhadapan langsung dengan pasien Covid-19. Saat ini Dinkes Sintang sedang menunggu pengiriman vaksin Moderna dari Dinkes Provinsi. “Kita di Sintang dialokasikan sebanyak 167 vial. Mudah-mudahan minggu depan sudah sampai (di Sintang),” ujarnya.

Ia pun menjelaskan bahwa vaksin Moderna ini perlakuannya akan berbeda dari vaksin Sinovac. Karena harus disimpan di dalam kondisi beku. Saat akan disuntikkan baru dicairkan. Dinkes Sintang juga sudah memiliki fasilitas yang mendukung untuk menyimpan vaksin tersebut. “Dia disimpan dalam kondisi beku. Kemudian nanti dicairkan dulu, dibiarkan 1 jam sebelum disuntikkan. Kita punya tempat untuk menyimpannya. Kita sampai suhu minus 20 bisa,” pungkasnya

Tags:
author
ZONA KAPUAS MEDIA

Leave a reply "Sinto: 2.334 Tenaga Kesehatan Akan Kita Vaksin ke-3."