Manggala Agni Sintang Lakukan Patroli Guna Antisipasi Karhutla

www.zonakapuas.com-Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Sintang Kadarwanto  mengatakan dengan meningkatnya titik hot spot (Titik api) diwilayah kabupaten sintang, mangala agni sintang melakukan patroli diwilayah kecamatan sintang dan wilayah perbatasan .

Kadarwanto menjelaskan upaya yang dilakukan yakni deteksi dini dan kroscek dilapangan  mengenai meningkatmnya titik hotspot diwilayah kabupaten sintang .

Manggala agni juga mendirikan posko terpadu diwilayah gembala permai kecamatan kelam permai  Kabupaten Sintang.

“ Melalui Tim terpadu kami melakukan patroli rutin diwilayah kecamatan ketungau hulu wilayah perbatasan atau dibatas negeri , patroli ini dilakukan selama 25 hari  dari tanggal 28 juli hingga 27 agustus 2021” kata Kadarwanto,Senin (26/7/2021).

Kadarwanto juga   menghimbau masyarakat agar berhati hari dalam pembakaran lahan, hal ini juga harus mengacu pada peraturan Bupati mana yang boleh dilakukan dan juga memperhatikan larangan, sehingga mengantisifasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Sementara itu Kepala BMKG Sintang Supriandi  menjelaskan pada  agustus 2021 selain Karhutla, bencana bantingsor juga harus waspada karena selama tidak ada hujan, maka ketika saat hujan deras ada potensi longsor.

Kata Supriandi berdasarkan data sebaran Hotspot untuk kabupaten sintang pertangal 26 juli 2021 pada pukul 17.00 wiba  sebanyak 50 titik dan jumlahnya hotspot kabupaten sintang  terbanyak sekalbar.

“Bulan agustus masih ada potensi hujan, tetapi kondisi kering lebih dominan. Prediksi kami, Agustus nanti hujan hanya sekitar 10 hari,” tambahnya.

“Kami dari BMKG mendukung kegiatan Pemkab Sintang dan kami selalu berkoordinasi dalam memberikan informasi mengenai cuaca dan prediksi agar dapat tersampaikan. Informasi cuaca ini  masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya agar pemda dan stakeholder terkait agar dapat membantu mendesiminasikannya. Banjir di daerah kayan juga sebenarnya sudah kami berikan peringatan. Kami sudah memberikan informasi potensi cuaca ekstrim tangal 13 hingga 15 Juli 2021. Itu sudah kami ingatkan sebelumnya,” jelas Supriandi

Tags:
author
ZONA KAPUAS MEDIA

Leave a reply "Manggala Agni Sintang Lakukan Patroli Guna Antisipasi Karhutla"