Menanggapi Cuaca Ekstrim, Ghulam Raziq Ajak Warga Selalu Waspada

Sintang, ZonaKapuas.comĀ – Ghulam Raziq, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang menanggapi terjadinya cuaca ekstrim yang terjadi di Kabupaten Sintang. Ia mengingatkan kepada warga Sintang, khususnya yang berada di wilayah tepi Sungai Melawi dan Sungai Kapuas agar selalu waspada.

Ghulam Raziq mengatakan bahwa cuaca buruk yang terjadi di Kabupaten Sintang ini harus di waspadai oleh warga yang bertempat tinggal di tepian Sungai Melawi dan Sungai Kapuas. Karena selain bahaya angin, bahaya akan banjir memiliki kemungkinan yang cukup besar. Selasa, (30/08/2022).

“Selain angin dan hujan lebat seperti yang terjadi semalam sampai memuat beberapa rumah dan tempat ibadah terkena dampaknya kita juga perlu mewaspadai akan bahaya lain seperti banjir. Jadi perlu di waspadai, terutama yang tinggal di tepian Sungai Melawi dan Sungai Kapuas,” Ucapnya.

“Selain bahaya angin, bahaya banjir juga bisa saja terjadi, apa lagi yang berada di tepian sungai, kemungkinan banjirnya jadi lebih besar,” Lanjutnya.

Ghulam Raziq juga mengajak warga yang tinggal di tepi Sungain Melawi dan Sungai Kapuas untuk selalu mempersiapkan diri apabila terjadi hal-hal yang diluar kendali kita.

“Buat warga yang tinggal di pinggir sungai Kapuas dan sungai Melawi perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga. Seperti mempersiapkan sampan atau mulai mempersiapkan diri untuk mengamankan barang-barang penting apabila terjadi banjir,” Ajaknya.

Ia juga menjelaskan bahwa terjadinya banjir tidak dapat diprediksi hanya dari hujan saja, menurutnya bisa saja juga terjadi karena cuaca ekstrim yang terjadi di hulu sungai. Maka dari itu dia mengajak agar warga jangan terlalu meremehkan cuaca ekstrim.

“Banjir yang terjadi di tepian sungai ini bisa saja terjadi bukan karna cuaca buruk di daerah kita. Bisa saja karena terjadi cuaca ektrim yang serupa di bagian hulu sungai yang bisa membuat kita terkena dampaknya,” Katanya.

“Maka dari itu, kita perlu terus waspada akan kemungkinan buruk yang terjadi,” Tutupnya

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *