Sudirman :Sintang Expo Mungkin Diadakan Bersamaan Dengan MTQ XXIX Di Sintang

 

Www.zonakapuas.com.Sintang-tahun sebelum pandemi Covid-19, Sintang Expo diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Namun sejak 2020, agenda tahunan ini pun absen dihelat.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Kadisperindagkop-UKM) Kabupaten Sintang, Sudirman mengatakan bahwa ketiadaan perhelatan Sintang Expo dikarenakan melihat tren kasus Covid-19 yg belum mengalami penurunan di Kabupaten Sintang. Karena hal itu, penyelenggaraan Sintang Expo tampaknya akan batal diselenggarakan pada Agustus.

“Biasanya kita selenggarakan pada Agustus. Tapi sepertinya karena Covid-19 ini masih tinggi, sepertinya tidak kita lakukan,” katanya.saat di konfirmasi (9/8/2021)

Namun ia mengatakan jika batal diselenggarakan pada Agustus ini, ada kemungkinan agenda Sintang Expo bakal diselenggarakan bersamaan dengan acara MTQ XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang akan digelar dengan Sintang sebagai penyelenggaranya. “Mungkin kalaupun ada nanti dan kondisi Covid-19 sudah landai, Sintang Expo akan kita sandingkan dengan kegiatan MTQ,” ujarnya.

Selain alasan protokol kesehatan terkait larangan mengumpulkan orang banyak yang dikhawatirkan menjadi sarana penularan virus Covid-19, alasan lainnya agenda ini tidak terlaksana pada Agustus ini menurut Sudirman adalah karena ketiadaan anggaran akibat refocusing penanganan Covid-19. “Anggaran untuk Expo itu memang tidak ada,” ujarnya.

Oleh karenanya agar terwujud pelaksanaan Sintang Expo bersamaan dengan MTQ Tingkat Provinsi nanti, ia pun terus membangun komunikasi dengan panitia MTQ dan pihak ketiga atau pelaku usaha.

Ia pun mengatakan bahwa sampai saat ini, belum ada pihak-pihak yang mengajukan keberatan atas tidak terlaksananya Sintang Expo. Seperti dari pelaku usaha dan pedang. “Sampai sekarang belum ada yang komplain terhadap ketiadaan agenda Sintang Expo. Mungkin mereka juga paham kondisi Covid-19 ini,” pungkasnya.

author
ZONA KAPUAS MEDIA

Leave a reply "Sudirman :Sintang Expo Mungkin Diadakan Bersamaan Dengan MTQ XXIX Di Sintang"