Lagi- Lagi Warga Sintang Ketangkap Bakar Lahan

www.zonakapuas.com, Sintang- Pembakaran lahan di Dusun Sengkuang Kebiau, Desa Empaka Kebiau Raya, Kecamatan Binjai Hulu, Kabupaten Sintang sesuai dengan Laporan Polisi dengan Nomor : LP/127/VIII/Res.1.13/2019/kalbar/res.stg/Reskrim (12/8 19)tentang TP. Pembakaran Lahan.

Pihak kepolisian menindak lanjuti atas laporan warga I T (33)yang mengatakan penyebab kebakaran lahan di lokasi tersebut.

Menurut keterangan I T Pada Hari senin Tanggal 05 /8/19 sekitar pukul 14.00 WIB, Di dusun Sengkuang Kebiau Desa Empaka Kebiau Raya, Ada salah satu warga nya dengan sengaja membakar lahan tersebut.

Berangkat dari laporan IT pihak kepolisian melakukan olah Tkp dan mencari informasi terhadap saksi, S dan A dan membenarkan ada warga nya dengan sengaja membakar lahan tersebut.jelasnya.

Dengan mengantongi keterangan saksi pihak kepolisian pun langsung mengamankan  Sdr. M di tempat tinggalnya dan tanpa perlawanan.

Menurut keterangam si pelaku polisi mengamankan beberapa alat bukti seperti:
    potongan sisa kayu kebakaran dan Abu sisa kebakaran.

Pelaku M menjelaskan perbuatanya dilakukan
Pada hari Senin (05/8/19) sekitar pukul 14.00 wib Sdr.M mulai proses membakar lahan miliknya dengan cara menyemprotkan air keliling batas lahan yang akan dibakar.

Setelah batasnya disemprot selanjutnya Sdr.M mulai menghidupkan api dengan cara membakar 1(satu) batang bambu kering dengan api setelah itu api dari bambu tersebut di sulutkan ketumbuhan yang sudah kering pada beberapa titik hingga lahan tersebut terbakar.

Dimana fungsinya Untuk memadamkan api Sdr.M juga dibantu oleh anggota perusahan yang berada di lokasi lahan tersebut.

Setelah api tersebut padam dan setelah api tersebut padam Sdr.M tidak langsung pulang kerumah melainkan masih berjaga jaga agar api tidak merembet ke kebun kelapa sawit milik PT. ASL yang berbatasan dengan lahan milik Sdr.M agar melihat apakah hidup kembali atau tidak.

M melanjutkan, Disangkanya api tidak hidup lagi kemudian Sdr.M pulang ke pondok kebun miliknya sekitar pukul 18.30 wib.

Berdasarkan informasi tersebut petugas melakukan penyelidikan dan mengambil beberapa sampel barang bukti di TKP untuk di bawa ke Polres Sintang guna proses lebih lanjut dan melakukan pemanggilan terhadap Sdr.M .

Terhadap perkara tersebut petugas dari Polres Sintang tengah melakukan penyidikan lebih lanjut.

Dimana pelaku M qkan dikenakan Pasal 108 Jo pasal 69 ayat (1) Huruf H UU RI No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan atau Setiap Pelaku Usaha Perkebunan yang membuka dan/atau mengolah lahan dengan cara membakar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 108 Jo Pasal 56 ayat (1) UU RI No. 39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan

  Guna langkah selanjutnya pihak kepolisian langsung mendatangi TKP dan
Melakukan Olah TKP bersama dengan Manggala Agni Da Ops Sintang serta pihak terkait lainya.

(Redaksi: dxJurnalis: ucok)

author
ZONA KAPUAS MEDIA

Leave a reply "Lagi- Lagi Warga Sintang Ketangkap Bakar Lahan"