Dinkes Siapkan Vaksin Untuk Nakes Kab Sintang

No comment 143 views

 

Www zonakapuas.com.Sintang-Para tenaga kesehatan di Kabupaten Sintang, mulai menerima suntikan dosis ketiga Vaksin Moderna. Per tanggal 9 Agustus 2021, sudah 502 orang yang menerima vaksinasi booster dari 2.334 total nakes yang sudah menerima vaksin dosis kedua.

"Per tanggal 9 Agustus kemarin, sudah 502 orang disuntik vaksin moderna," kata Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Bambang Hermanto ,10 Agustus 2021.

Menurut Bambang, Kabupaten Sintang mendapatkan alokasi vaksin moderna sebanyak 167 vial dari Pemprov Kalbar. Jumlah ini menurutnya masih kurang.

"167 vial. Sebenarnya masih kurang. Tapi kita masih lihat berapa yang bisa divaksin setelah melewati screening," ungkap Bambang.

Bambang mengungkapkan, screening penerima vaksin sebenarnya sama dengan vaksin covid lain, baik Sinovac maupun Astrazaneca. Namun, khusus booster ketiga, ada screening tambahan.

"Sama screeningnya. Tapi ada beberapa tambahan. Seperti nakes sudah vaksin dosis 2. Interval dosis 2 ke dosis 3 itu 3 Bulan. Kalau penyintas harus 3 bulan dari dinyatakan sembuh. Soal kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) sejauh ini aman," ujar Bambang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh mengungkapkan
Vaksinasi booster atau vaksinasi Covid-19 dosis ketiga akan diberikan pada 2.334 nakes yang sudah menerima dosis kedua.

"Target yang akan kita vaksin ke nakes sebanyak 2.334 orang. Ndak ada penambahan. Mereka ini, yang sudaj vaksinasi kedua. Moderna ini khusus untuk nakes, tidak untuk yang bukan nakes. Kan nakes sudah dua kali sinovac, kemudian dibooster dengan moderna," kata Sinto.

Informasi yang diterima Sinto, Kabupaten Sintang memperoleh alokasi 167 vial vaksin moderna. Satu vial, bisa untuk 15 nakes.

Menurut Sinto, vaksin moderna beda Sinovac. Termasuk cara penyimpanannya sebelum digunakan.

"Tempat penyimpanan vaksin moderna itu harus disimpan pada suhu 2--8 derajat celcius. Tempat penyimpanan kita aman. Nanti sebelum digunakan, vaksin yang beku dicairkan dulu. Per tanggal 15 Juli lalu total nakes yang terpapar corona sekitar 187 orang," ungkap Sinto.

Tags:
author
ZONA KAPUAS MEDIA

Leave a reply "Dinkes Siapkan Vaksin Untuk Nakes Kab Sintang"