Pembaharuan Pendidikan dan Pebudayaan Secara Terencana, Terarah dan Berkesinambungan

Para Peserta Rapat Kordinasi dan Perencanaan Terpadu Tahun 2019, di Hotel Mahkota Pontianak (8/7/19)

DISDIKBUD KALBAR – Senin, 8 Juli 2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Perencanaan Terpadu Tahun 2019 yang bertempat di Hotel Mahkota Pontianak.

Rapat Koordinasi Perencanaan Terpadu ini mengundang seluruh pemangku kepentingan di bidang Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk mensinergikan program dan sebagai upaya konkrit Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Praktisi Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan koordinasi dan membangun komitmen bersama, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, dan meningkatkan kualitas serta produktivitas masyarakat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam sambutannya yang diwakili oleh Plt Sekretaris Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan dalam rangka menghadapi tantangan akibat tuntutan perubahan local, nasional dan global ini perlu dilakukan pembaharuan pendidikan dan kebudayaan secara terencana, terarah dan berkesenambungan.

Merujuk Visi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, yaitu “ Terwujudnya Kesejahteraan Masyarakat Kalimantan Barat Melalui Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Perbaikan Tata Kelola Pemerintahan” maka untuk mensinergiskan antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota agar tercipta perencanaan pembangunan bidang pendidikan yang efektif dan efisien maka perlu pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan diarahkan pada Pemenuhan Standar Pelayanan Pendidikan (SPM) Pendidikan yang dalam pemenuhannya telah diatur dalam PP No. 2 Tahun 2018 dan Permendikbud No. 32 Tahun 2018 tentang Standar Teknis Pelayanan Minimal Pendidikan, serta mengacu kepada Permendagri No. 100 Tahun 2018 tentang penerapan SPM.

Sehingga, seluruh dokumen perencanaan di daerah harus sudah mengakomodir dan memprioritaskan pada penerapan SPM karena pelaksanaan SPM merupakan salah satu penilaian terhadap kinerja kepala daerah dan memiliki konsekwensi administrative bagi kepala daerah yang tidak melaksanakan penerapan SPM ini

(Disdikbud Kalbar) (Redaksi :dx / jurnalis ucok)

author
ZONA KAPUAS MEDIA

Leave a reply "Pembaharuan Pendidikan dan Pebudayaan Secara Terencana, Terarah dan Berkesinambungan"