Festival Lomba Seni Siswa Nasional (SMK) Tingkat Provinsi Kalbar

www.zonakapuas.com. DIKBUD KALBAR- Kebudayaan adalah suatu sistem tata nilai yang disepakati oleh sebuah komunitas atau masyarakattertentu. Produk kebudayaan dapat berupa benda dan tak benda (fisik dan nonfisik).

Sedangkan seni adalah bagian dari kebudayaan yang memegang peranan penting dalam membangun sistem kemasyarakatan yang beradap dan beretika. Seni sebagai alat ekpresi di dalam tataran komunikasi dan sosial bertujuan untuk memperhalus rasa sehingga kebudayaan yang tinggi dan manusiawi.

Gerakan transformasi berkelanjutan bagi pembangunan pola pikir peserta didik diarahkan lewat wadah penyalurn bakat minat peserta didik tingkat SMK, Direktorat pembinaan SMK dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meweujukan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat mewejudkannya melalui penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMK tahun 2018.

Mekanisme seleksi yang telah dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah dan Kabupaten/kota di 14 Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat dan kini ditingkat Provinsi Kalimantan Barat diharapkan akan mampu mengharumkan nama Kalimantan Barat seperti tahun-tahun sebelumnya baik ditingkat Nasional maupun  Internasional.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dalam sambutanya di wakili oleh Kasi Sapras Bidang SMK mengharapkan kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Jenjang SMP Tahun 2019 ini mampu memberikan pengalaman berkompetisi dan meningkatkan kualitas siswa SMK yang mampu mengembangkan potensi dan karakter melalui penghayatan dan penugasan seni budaya.

Juga memberikan kesempatan yang sama bagi siswa SMK untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian berkesenian melalui kompetensi seni pertunjukan dan seni penciptaan yang berakar pada kearifan local sehingga memiliki eksistensi ditingkat local.

(Redaksi : dx / Jurnalis : ucok)

author
ZONA KAPUAS MEDIA

Leave a reply "Festival Lomba Seni Siswa Nasional (SMK) Tingkat Provinsi Kalbar"