Bakar Lahan Sendiri Si “A” di Ciduk

No comment 279 views

www.zonakapuas.com,Sintang- Kejadian kebakaran lahan di kabupaten sintang, Sangat tidak perbolehkan atas perbuatan membakar lahan dengan sengaja, Pihak hukum memberikan sanksi siapa saja yang melakukanya.

Dimana Sat Rekrim Res Sintang melaksanakan kegiatan Pengecekan ke Tempat Kejadian Perkara pembakaran lahan di Ds. Balai agung sawit Kec. Sungai tebelian Kab. Sintang sesuai dengan Laporan Polisi dengan Nomor : LP/123/VII/Res.1.13/2019/kalbar/res.stg/Reskrim tanggal 09 Agustus 2019 tentang TP. Pembakaran Lahan.

Berangkat dari adanya laporan warga,inisial R dan bersama saksi. Z.M.Mg yang melakukan laporan ke Asrama polisi Resort Sintang.

R menjelaskan ada tindak seorang warga inisial A yang dengan sengaja membakar lahan miliknya dan menyebabkan titik api menjadi luas.(8/8/19)

R menjelaskan kejadian kamis tanggal 08 agustus 2019 sekitar jam 15.30 kebakaran lahan di desa balai Agung,gg sawit, kecamatan sungai tebelian, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Kemudian petugas polres sintang melakukan pengecekan ke lokasi kebakaran lahan tersebut, kemudian setelah sampai di TKP petugas mendapati lahan sudah terbakar dan api sudah padam.

Dimana petugas pun mendapatkan informasi dari masyarakat di TKP bahwa peristiwa kebakaran lahan terjadi pada hari Selasa tanggal 06 agustus 2019 pukul 20.00 wib.

Kemudian petugas mengambil beberapa sampel barang bukti di TKP dan membawa ke Polres sintang guna proses lebih lanjut.

Setelah di lakukan penyelidikan di peroleh informasi bahwa Pada bulan juni 2019 saudara A membuka lahan miliknya dengan cara menebas dan memotong pohon yang ada di lahan tersebut.

Setelah dibersihkan saudara A membuat sekat bakar agar lahan milik orang lain tidak terkena dan pada saat itu juga saudara agustinus menyulutkan api yang sudah dihidupkan dengan menggunakan korek api ke ranting pohon yang kering dan meletakkan ranting pohon tersebut ke lahan pelaku.

Setelah lahan tersebut sudah bersih pada saat itu pelaku meninggalkan lahan tersebut karena api sudah padam.

Pada tanggal 06 Agustus 2019 pelaku ditelpon oleh saudara Suyono bahwa api sisa kebakaran menyebar ke arah lahan milik orang lain sehingga mengakibatkan lahan yang lain ikut terbakar.

Perkiraan Luas lahan milik pelaku 150x100 m dan menyebar ke lahan milik warga seluas kurang lebih 10 ha.

Atas perbuatan pelaku pun dijerat Pasal 108 Jo pasal 69 ayat (1) Huruf H UU RI No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan atau Setiap Pelaku Usaha Perkebunan yang membuka dan/atau mengolah lahan dengan cara membakar.

Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 108 Jo Pasal 56 ayat (1) UU RI No. 39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan.

(Redaksi: dxJurnalis: ucok)

author
ZONA KAPUAS MEDIA

Leave a reply "Bakar Lahan Sendiri Si “A” di Ciduk"